Ditulis oleh: Miftah Wulandari, Jumat, 19 November 2021

Pengusaha Pemula, Berikut Tip Belajar Akuntansi yang Patut Diikuti!

Pengusaha Pemula, Berikut Tip Belajar Akuntansi yang Patut Diikuti!

Berencana membuka usaha dalam waktu terdekat? Selain menentukan peluang usaha yang akan dikembangkan, Kamu juga perlu mempelajari ilmu-ilmu yang akan membantu dalam kegiatannya. Salah satu di antaranya adalah akuntansi.

Menguasai ilmu akuntansi memudahkan Kamu dalam memantau kemajuan usaha dan faktor-faktor lain yang melingkupinya. Kamu juga tak perlu kuliah dulu untuk belajar, sebab beberapa materinya bisa ditekuni secara otodidak, seperti yang dijelaskan berikut ini:

 

  • Dasar-dasar akuntansi
    Akuntansi adalah ilmu yang sarat akan perhitungan, sehingga penting bagi Kamu untuk memulai semuanya dari dasar. Walau ujungnya Kamu akan melihat hasil berupa laporan keuangan, ada materi-materi krusial yang membantu Kamu menyelesaikannya tanpa kendala. 

    Nama dan nomor akun, buku besar, debit-kredit, penjualan, dan laporan keuangan adalah hal-hal dasar yang sebaiknya Kamu kuasai baik-baik. Setelah itu, Kamu bisa teruskan ke konsep yang lebih rumit.

 

  • Pahami harta (aset), utang, dan modal

    Ada tiga hal yang tak akan lepas dari ilmu akuntansi, yakni harta (aset), utang, dan modal. Harta merupakan sumber ekonomi yang mempunyai nilai untuk usaha. Modal biasanya mengacu pada aset, bangunan, uang tunai, serta mesin. Sementara utang menjadi kewajiban yang wajib dimiliki usaha. 

    Ketika mempelajari istilah-istilah ini, Kamu tak akan menemukan kesulitan saat menyelesaikan laporan, termasuk untuk akuntansi online. Oleh karena itu, kuasai mungkin untuk usaha Kamu.

  • Kenali siklus akuntansi sebaik mungkin

    Hal berikutnya yang wajib dikuasai pelaku usaha adalah siklus akuntansi. Pasalnya, tak sedikit pengusaha yang mampu menerapkan cara kerja akuntansi, tetapi baru sebatas pemasukan dan pengeluaran. Adapun siklusnya terdiri atas sembilan tahap yang harus Kamu ikuti sesuai urutan.

    Kamu perlu memulai dari identifikasi akuntansi hingga menyusun neraca saldo setelah penutupan. Dalam praktiknya, Kamu harus sesuaikan dengan periode akuntansi yang sedang dilakukan.

  • Pelajari akuntansi bersama pihak eksternal

    Masih kesulitan atau tak kunjung memahami konsep-konsep dalam ilmu akuntansi? Tak ada salahnya belajar akuntansi bersama pihak eksternal. Pihak eksternal dalam hal ini dapat berupa kursus atau kelas online yang bisa Kamu akses secara gratis. 

    Buku dan website berisi konten ilmu akuntansi juga dapat membantu Kamu memperluas wawasan. Intinya, jangan sia-siakan sumber ilmu pengetahuan yang tersedia demi kemajuan usaha Kamu.

  • Ketahui cara membaca dan analisis laporan keuangan

    Seperti yang disebutkan, laporan keuangan adalah produk akhir yang akan Kamu buat setelah mendalami ilmu akuntansi untuk usaha. Namun, selain mengumpulkan data transaksi dan catatan lain dari kasir online, Kamu harus mampu dulu dalam membaca dan menganalisis isi laporannya.

    Membaca dan menganalisis laporan secara tak langsung memberikan gambaran seputar seluk beluk organisasi. Kamu pun bisa menjadikannya acuan untuk mengambil keputusan penting.

  • Ikut proses akuntansi yang terjadi di perusahaan

    Hafal teori akuntansi dari yang paling mudah sampai sulit akan terasa sia-sia kalau Kamu tak mempraktikannya. Untuk itu, Kamu perlu menerapkan setiap materi yang sudah dipelajari dengan mengikuti prosesnya di sebuah perusahaan atau bisnis.

    Seperti menguasai ilmu-ilmu lainnya, Kamu membutuhkan waktu untuk benar-benar menguasai setiap konsep dan prinsipnya. Jika tidak, usaha Kamu yang akan jadi taruhan.Tak hanya itu, ilmu akuntansi akan mempengaruhi cara Kamu mengelola data dari teknologi. Entah itu media sosial, website, hingga aplikasi kasir seperti Senna. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan mempelajari ilmu akuntansi kalau ingin mempunyai usaha menguntungkan.

 

Baca juga:Manajemen Keuangan Digital Akuntansi Online Untuk Pebisnis Pemula

Tags: Online Kasir Aplikasi Kasir Akuntansi Laporan Keuangan Kasir Pintar Bisnis Keuangan Keuangan Digital


background icon background icon