Ditulis oleh: Miftah Wulandari, Jumat, 20 Agustus 2021

4 Strategi Jitu untuk Meningkatkan Penjualan UMKM

4 Strategi Jitu untuk Meningkatkan Penjualan UMKM

Penjualan merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan bisnis, mulai dari bisnis berskala kecil hingga yang berskala besar. Penjualan merupakan salah satu pendukung terkumpulnya pendapatan suatu usaha. Namun sayangnya, tidak jarang suatu perusahaan memiliki produk yang baik namun tidak memiliki strategi penjualan yang baik sehingga produk yang mereka tawarkan tidak terjual secara banyak. Bahkan, beberapa pengusaha menganggap bahwa kegiatan menjualankan produk adalah hal yang mudah dan bukan jadi salah satu prioritas utama. Ada pula yang belum mengetahui bagaimana cara menjualkan produknya secara tepat dan efektif. Lalu, kira-kira langkah apa yang perlu kita lakukan sebagai pengusaha untuk dapat menjualkan produknya secara efektif? Simak penjelasan mimin berikut ini

  • Menentukan Tujuan
    Dalam melakukan sesuatu, pastikan bahwa kamu melakukannya dengan berbagai alasan. Apa yang membuat kamu atau usahamu harus melakukan branding. Keuntungan apa yang ingin kamu ambil dengan melakukan aktivitas branding pada usahamu. Untuk mengetahui tujuan branding atau pemasaran, mulailah dengan melihat situasi usaha saat ini. Cari hal apa yang sedang kamu butuhkan, entah mulai dari peningkatan penjualan, peningkatkan pengetahuan konsumen tentang produk atau usahamu. Buatlah tujuan dan target dari setiap aktivitas branding usahamu. Kamu dapat menentukan tujuan atau target dengan menggunakan metoda ‘ STAR ‘ untuk mempermudah kamu dalam menentukan tujuan.
  • Membuat Produk yang Unik
    Pastikan bahwa produk yang kamu buat adalah produk yang unik dan memiliki keunggulan dibanding produk yang dimiliki kompetitor. Jika kamu membuat produk makanan, pastikan bahwa terdapat sesuatu yang menjadi pembeda antara produkmu dengan produk kompetitor. Misalnya kamu menjual bakso, di daerah tempat kamu berjualan sudah terdapat beberapa warung yang menjual bakso, maka kamu dapat menambahkan varian rasa misal bakso isi keju atau bakso isi ikan seperti gurita, cumi, dan masih banyak lagi. Dengan adanya penambahan tersebut maka produkmu memiliki nilai unggul atau hal yang membedakan antara produkmu dengan produk kompetitor. Konsumen akan lebih mudah mengingat produkmu karena hanya produkmu lah bakso dengan varian yang tidak ditemui di tempat makan lainnya di daerahmu. Kamu juga dapat menambahkan pelayanan yang berbeda misalkan kamu menghadirkan suasanan tempat makan yang bertema jepang, alam. Namun, pastikan kamu telah melakukan riset atau mencari informasi mengenai kebutuhan makanan dan pelayanan yang diinginkan oleh konsumen di daerahmu ya Sobat Senna. Jangan sampai inovasi yang kamu buat akan menjadi hal yang sia-sia karena misalkan konsumen yang tinggal di daerahmu lebih menyukai makanan tradisional daripada makanan kekinian. 
  • Menentukan Strategi Marketing yang Sesuai
    Setelah kamu dapat membuat suatu produk yang unik yang disukai oleh konsumenmu, maka hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menentukan strategi penjualan yang sesuai dengan target konsumen yang telah kamu tentukan. Jika belum, maka tentukan siapa yang akan kamu jadikan target untuk menjadi konsumen produkmu. Salah satu cara agar kamu mendapatkan target konsumen yang sesuai adalah mencari target konsumen yang spesifik. Misal kamu menjual produk otomotif, maka kamu dapat menjadikan kalangan bapak-bapak dengan usia 28 hingga 50 tahun dengan pendapatan per bulan 10 juta di daerah tertentu yang menyukai otomotif sebagai target pasarmu. Mulailah mengetahui karakteristik target pasar kamu dengan mengetahui jenis kelamin mereka (karena tidak semua produk disukai dan digunakan oleh seluruh jenis kelamin seperti jilbab, produk otomotif, kosmetik, dan lain sebagainya), lalu usia (terkadang kebutuhan setiap orang berbeda jika terdapat perbedaan umur seperti anak kecil yang menyukai mainan dan anak muda yang menyukai produk fashion), selanjutnya pendapatan (manusia yang memiliki pendapatan lebih rendah akan lebih mempertimbangkan untuk hanya membeli produk - produk kebutuhan dasar mereka seperti makanan, bahan pokok), dan masih banyak hal lainnya yang perlu kalian ketahui misal dari kebiasaan mereka, kondisi geografis, tingkat pendidikan. Jika sudah, maka kalian dapat menentukan bagaimana cara yang tepat untuk menjualkan produk kalian kepada konsumen yang tepat. Kamu dapat menggunakan metode Strategi Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Positioning) untuk dapat menentukan strategi marketing yang efektif.
  • Jalankan dan Konsisten
    Suatu strategi akan menjadi baik ketika kita menjalankan strategi tersebut dengan baik. Jalankan kegiatan marketing kamu sesuai dengan perencanaan yang telah kamu buat. Manfaatkan berbagai teknologi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan kamu seperti media sosial, internet, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat membuat suatu website untuk menampilkan produk dan melakukan transaksi melalui website. Hal ini akan membantumu untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas. Kamu juga dapat memanfaatkan optimasi website dengan Search Engine Optimization (SEO) yang dapat kamu pelajari melalui internet dan kelas-kelas yang diadakan secara gratis. Lakukan kegiatan marketing secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kamu dapat melakukannya dengan membuat konten tips dan trik melalui media sosial yang berkaitan dengan produkmu, bekerja sama dengan para influencer untuk mengenalkan produkmu.

Baca juga:15 Kalimat Menarik yang Membuat Konsumen Terpikat dengan Produkmu

Tags: Online Toko Kasir Penjualan Aplikasi Kasir


background icon background icon