Ditulis oleh: Miftah Wulandari, Kamis, 26 Agustus 2021

5 Kiat Ampuh Restoran untuk Mempertahankan Usaha di Tengah Pandemi


5 Kiat Ampuh Restoran untuk Mempertahankan Usaha di Tengah Pandemi


Selama setahun lebih wabah Covid-19 melanda dunia, sejumlah perubahan terjadi di berbagai sektor seperti kesehatan, pariwisata, dan pendidikan. Ekonomi dan bisnis adalah salah dua bidang yang mengalami efek paling besar. Namun, percepatan digitalisasi seperti yang ditawarkan kasir online telah menyelamatkan sektor-sektor tersebut dari keterpurukan berkepanjangan.

Restoran merupakan salah satu dari sekian peluang usaha yang berhasil diselamatkan sistem kasir online. Kendati demikian, Anda tetap harus mendampinginya dengan strategi tepat agar restoran tetap bertahan di masa pandemi, seperti yang dirangkum dari Wordstream:

  1. Jual bahan baku makanan dan minuman
    Pemberlakuan PPKM selama beberapa bulan terakhir tak dipungkiri semakin menurunkan frekuensi kunjungan ke restoran. Konsumen memang masih bisa memakai jasa delivery, tetapi mereka kehilangan sensasi menyantap hidangan seperti di tempat makan tersebut.
    Beberapa restoran lantas mengakalinya dengan mengirimkan bahan-bahan baku dari makanan dan minuman yang dipesan pelanggan. Selain lebih murah, Anda pun leluasa mengolahnya sesuai selera tanpa kehilangan cita rasa yang ditawarkan restoran.
  2. Selenggarakan kelas memasak daring
    Selain akuntansi online, kelas memasak adalah subjek yang digemari para peserta kelas online. Tak sedikit chef dan restoran yang melaksanakan kegiatan tersebut, baik gratis maupun berbayar. Langkah ini dianggap membantu restoran menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
    Anda bisa memulai kelas memasak daring dari menu-menu yang difavoritkan pelanggan. Kemudian, minta mereka memilih makanan dan minuman yang akan ditayangkan pada episode berikutnya. Cara ini memang berdampak pada restoran, tetapi paling tidak membuat usaha tetap didengar.
  3. Jangan sungkan membagikan resep
    Bagi kebanyakan restoran, resep adalah rahasia perusahaan yang tak boleh bocor ke telinga pesaing, terutama resep andalan yang diwariskan turun temurun. Namun di tengah situasi tak menentu seperti sekarang, kadang membagikannya adalah langkah efektif yang bakal membuat dapur terus ngebul.
    Anda masih bisa mengakalinya dengan mengubah beberapa komponen atau menyediakan versi yang mudah diolah pelanggan. Perkenalkan dahulu sebagai menu baru kepada mereka, lalu pantau reaksinya dari transaksi yang disimpan dalam aplikasi kasir online.
  4. Sediakan fasilitas donasi pada menu
    Permintaan makanan dan minuman yang masuk ke restoran sebenarnya tetap ada dan cenderung meningkat saat layanan digital sudah dioptimalkan. Satu hal unik dari peningkatan ini adalah adanya permintaan makanan yang ditujukan untuk tim medis.
    Untuk membantu mereka, Anda bisa sediakan fasilitas donasi pada menu yang akan didonasikan. Pertimbangkan bujetnya baik-baik dengan pemahaman akuntansi supaya restoran tak merugi. Jika dilakukan dengan baik, tindakan ini bukan hanya meningkatkan kredibilitas, tetapi juga reputasi restoran.
  5. Optimalkan strategi branding di media sosial
    Mengingat sebagian besar kegiatan sudah beralih ke ranah digital, Anda harus memperhatikan juga strategi branding di media sosial. Anda yang tadinya pasif berkomunikasi perlu melakukan rebranding dengan mempercantik tampilan dan menyediakan konten berkualitas.
    Pelajari setiap fitur yang ditawarkan media sosial tersebut, sebab bisa Anda gunakan untuk promosi. Bakal lebih baik kalau Anda mendampinginya dengan platform kasir online untuk melancarkan pesanan pelanggan. Jadi layanan dan branding di media sosial menghasilkan reaksi positif dari konsumen.

Itulah lima langkah yang bisa Anda aplikasikan di usaha restoran agar usaha Anda dapat terus bertahan di tengah wabah Covid-19 yang belum mereda. Belum terlambat untuk memaksimalkan kegiatan di ranah digital dengan memakai media sosial yang tepat dan Senna Kasir untuk melancarkan transaksi.

Baca Juga: Bertahan di Masa Pandemi Dengan Modifikasi Akuntansi Bisnis Online

Tags: Online Toko Kasir Penjualan Aplikasi Kasir Umkm Akuntansi Laporan Keuangan Kasir Pintar Bisnis Keuangan Digital Keuangan Digital